Thursday, April 16, 2020

MOODLE SEBAGAI ALTERNATI EL-LEARNING



Berawal dari  banyaknya permasalahan yang harus dihadapi peserta didik pada saat pelaksanaan UNBK penulis berfikir bagaimana mencari cara untuk mengenalkan elearning kepada para siswa, meskipun tidak sama persis penulis mencari berbagai sumber terutama aplikasi CBT . aplikasi CBT memang banyak diluar sana yang beredar tp untuk bisa menggunakan CBT dengan fitur yang lengkap mengharuskan kita mengeluarkan budget yang tidak sedikit, sehingga pada pertengahan 2018 penulis mencoba mencari di forum-forum mengenai e-learning yang mencakup cbt secara tidak sengaja ada forum yang mengenalkan VHD AIO CBT berbasis moodle. Apa itu Moodle? 
baiklah kita ulas sepintas berdasarkan apa yang dipahami penulis


MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket software / perangkat lynak yang dikembangkan untuk kegiatan belajar berbasis internet dan web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi dan informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learnibg. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL. ("https://id.m.wikipedia.org/wiki/Moodle")

Tampilan Moodle
Tampilan moodle sangatlah sederhana dan tidak bagus seperti Tampilan CBT yang lainnya
berikut ini tampilan moodle yang diakses menggunakan PC

Halaman depan Moodle

Login Page Moodle
Panel Admin Moodle
Untuk Tampilan lain dan fungsi-fungsinya mungkin nanti akan penulis jelaskan kembali di postingan yang lain.

salah satu keunggulan moodle menurut penulis adalah user firendly dan sangat mudah digunakan terlepas bagaimana proses instalasi dan merancang e-learning berbasis moodle. karena penulis sendiri masih awam dan harus banyak belajar dari forum-forum moodle.

0 comments:

Post a Comment